beatz d nadtz

Thursday, June 12, 2008

Tentang Demam Berdarah

Ada beberapa artikel vanie temukan tentang DB, yaitu :
a. Penyakit DBD ditularkan melalui vector yaitu nyamuk Aedes Agepty (“AA”). Ciri khas nyamuk ini seperti yang kita sudah sering lihat adalah banyak bercak2 putih di tubuh dan kakinya. Kemampuan terbang AA umumnya maksimum 2.5 m saja, tapi jika terbawa masuk dalam lift, mungkin saja ditemukan ada di lant ai gedung pencakar langit di Jakarta ini, j adi hati2 jika ada nyamuk disekitar kita pada waktu kita di kantor.
b. AA dapat menggigit berulang-ulang (pada beberapa orang) sampai tangki penyimpanan darah dalam tubuhnya penuh, hal itu dilakukannya dari waktu pagi sampai dengan sore hari, jadi tidak heran kenapa anak-anak banyak yang terkena DBD, karena merekalah yang paling banyak tidur siang pada saat jam aktifnya AA. Tingkah polah AA agak mirip dengan kebanyakan manusia, mereka aktif pada jam kerja dan pada malam hari hingga pagi mereka istirahat (tidur).
c. AA menularkan DBD kepada manusia pada saat dia menusuk dan menghisap darah, AA mengeluarkan suatu jenis enzyme yang berfungsi untuk mengencerkan darah selama proses pemindahan dari tubuh manusia ke dalam perutnya, dan di dalam enzyme itulah terdapat virus DBD.
d. Ternyata, tidak setiap orang yang dihisap darahnya oleh AA pasti terinfeksi virus DBD, jika daya tahan tubuh kita baik, maka besar kemungkinannya kita tidak tertular penyakit itu, tetapi jika daya tahan tubuh sedang lemah, sangat mungkin terinfeksi. Faktor daya tahan tubuh ini pula yang menyebabkan kenapa korban banyak pula dari golongan umum belia (balita), karena umumnya balita sulit makan jadi kemungkinan besar mempengaruhi daya tahan tubuhnya. Kita dapat meningkatkan konsumsi buah2an yang banyak mengandung vitamin c.
e. Apabila penderita DBD digigit oleh nyamuk selain AA maka virus DBD tidak akan ditularkan melalui nyamuk tersebut karena virus DBD hanya dapat hidup di dalam tubuh AA (setidaknya informasi ini cukup melegakan).Karena nyamuk AA beroperasi dari pagi sampai sore hari, jadi kita sebaiknya kita tetap menyemprot obat nyamuk di seluruh rumah, bisa pakai nyamuk bakar atau lotion anti nyamuk juga perlu diberikan kepada si kecil.

(sumber : http://deatta.wordpress.com/2008/03/19/penularan-demam-berdarah/)

0 comment(s):

Post a comment

<< Home